Sabtu, 21 Maret 2015

ilmu budaya dasar sebagai salah satu mata kuliah dasar umum



ILMU BUDAYA DASAR
“Ilmu Budaya Dasar Sebagai Salah Satu Mata Kuliah Dasar Umum”
 


NAMA      :        LHUSYA AFRILIA
NPM          :        16114049
KELAS     :        1 KA 38
DOSEN     :        Bpk. SENDI EKA NANDA







SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
ATA 2014 / 2015
 





I.                  KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hinayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca.

Makalah ini di susun dan dipersiapkan untuk para pembaca agar memperoleh wawasan atau gambaran serta memperoleh pengetahuan tentang Ilmu Budaya Dasar sebagai salah satu mata kuliah dasar umum.

Dalam menyelesaian tugas ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Terutama dosen mata kuliah Ilmu Budaya Dasar Bpk. Sendy Eka Nanda yang telah membina penulis.

Makalah ini meman jauh dari sempurna baik dalam isi, susunan maupun penyajiannya. Untuk itu segla kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat saya harapkan dari pembaca.


Bekasi, 21 Maret 2015

Penyusun







II.              PENDAHULUAN

Ilmu pengetahuan dapat dikelompokkan melalui beberapa cara. Secara umum ilmu pengetahuan di kelompokkan menjadi tiga, yaitu Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Ilmu Pengetahuan Budaya atau lebih umum disebut ilmu pengetahuan humanoira.

Pengelompokkan ilmu pengetahuan ini yang mendasari pengembangan Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, dan Ilmu Budaya Dasar sebagai mata kuliah dasar umum yang wajib di ambil oleh mahasiswa/I di samping mata kuliah dasar umum lainnya seperti Agama, Pancasila, dan Kewiraan.

Mata kuliah Ilmu Sosial Dasar bukanlah merupakan suatu disiplin ilmu tetapi lebih merupakan kajian yang sifatnya multi atau interdisipliner. Ilmu Sosial Dasar di ajarkan untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umumkepada mahasiswa/I tentang konsep-konsep yang di kembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial yang terjadi di sekitarnya.

Dengan demikian, diharapkan mahasiswa/i dapat memilki kepekaan social yang tinggi terhadap lingkungan sosialnya. Dengan kepekaan social yang dimilikinya,mahasiswa/i diharapkan memiliki kepedulian social dalam menerapkan ilmunya di masyarakat.







III.          PEMBAHASAN


3.1Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah dan kebudayaan. Dan pada umumnya adalah suatu ilmu yang mempelajari sebuah dasar dasar kebudayaan, namun jika untuk mengingat terlalu sulit bisa di ambil intinya saja agar tidak terlalu membebani pikiran otak. Lalu pengertian dari Kebudayaan itu sendiri adalah pengertian kebudayaan adalah merupakan jalan atau arah didalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun rohani.
Prof.Dr.Harsya Bachtiar mengemukakan bahwa ilmu pengetahuan di kelompokan dalam tiga kelompok besar , yaitu :
1. Ilmu-ilmu Alamiah (natural science)
Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta dan menggunakan metode ilmiah untuk pengkajiannya.

2. Ilmu-ilmu social (social science)
Ilmu-ilmu social bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia. Untuk mengkajinya di guanakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah.

3. Pengetahuan budaya (the humanities)
Pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal tersebut di gunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan pernyataan-pernyatan yang bersifat unik, lalu di beri arti.
Pengetahuan budaya (the humanities) di batasi sebagi pengetahuan yang mencakup keahlian disiplin seni dan filsafat.






3.2Tujuan Ilmu Budaya Dasar
Dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan dan semata-mata sebagai salah satu usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.
Agar tujuan tersebut tercapai diharapkan dapat :
1. Mengusahakan penajaman kepekaan (perasaan) mahasiswa terhadap lingkungan budaya serta dapat menyikapinnya dengan hal yang positif.

2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas wawasan mereka tentang masalah kemanusiaan dan kebudayaan serta mengembangkan daya atau sikap kritis.

3. Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara serta ahli dalam bidang disiplin serta bertannggung jawab masing-masing.

4. Mengusahakan alat atau tempat komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain.


3.3Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
Bertolak belakangan dengan tujuannya, ada 2 permasalahan pokok yang dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah Ilmu Budaya Dasar. Kedua masalah pokok itu adalah :

1)    Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.

2)    Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat. Menilik kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah Ilmu Budaya Dasar, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesame, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi tema sentral dalam Ilmu Budaya Dasar.

Pokok-pokok bahasan yang dikembangkan adalah :
1. Manusia dan cinta kasih
2. Manusia dan Keindahan
3. Manusia dan Penderitaan
4. Manusia dan Keadilan
5. Manusia dan Pandangan hidup
6. Manusia dan tanggungjawab serta pengabdian
7. Manusia dan kegelisahan
8. Manusia dan harapan



IV.          PENUTUP
Penelitian di suatu Universitas di Amerika bahwa manusia yang cerdas tidak hanya mengandalkan intelegensinya (IQ) tetapi juga harus mampu mengontrol emosinya (EQ) dengan baik.

Jika keduanya sudah memenuhi maka manusia tersebut dapat di katakana sebagai manusia yang cerdas. Maka dari itu untuk mengetahui emosi dan mengendalikan diri kita selain kemapuan diri yang di andalkan kita juga membutuhkan pelajaran ilmu budaya dasar atau ilmu social dasar agar kita lebih memahami apa yang terjadi pada tingkat emosional kita.



V.              SOAL

1.     Menurut Prof.Dr.Harsya Bachtiar ilmu pengetahuan di kelompokkan menjadi tiga, kecuali :
a.)  Ilmu-ilmu Alamiah (natural science)
b.)  Ilmu-ilmu social (social science)
c.)   Pengetahuan budaya (the humanities)
d.)  Pengetahuan umum

2.     Apa pengertian Ilmu Budaya Dasar secara umum :
a.)  Pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah dan kebudayaan.
b.)  Pengetahuan yang di harapakan dapat memberi pelajaran kepada mahasiswa tentang alam.
c.)   Pengetahuan yang mempelajari ilmu komunikasi
d.)  Pengetahuan yang hanya memberikan pelajaran tentang hokum masyarakat

3.     Agar tujuan Ilmu Budaya Dasar dapat tercapai diharapakan dapat, kecuali :
a.)  Mengusahakan alat atau tempat komunikasi para akademisi
b.)  Mengusahakan agar mahasiswa disiplin dan bertanggung jawab
c.)   Membuat mahasiswa menjadi pembrontak dan tidak memiliki aturan
d.)  Mengusahakan penajaman (kepekaan) mahasiswa

4.     Pernyataan berikut adalah dampak positif yang diharapkan dari tujuan Ilmu Budaya Dasar, kecuali :
a.)  Agar mahasiswa peduli terrhadap lingkungan dan dapat menyikapi denga sikap positif.
b.)  Agar mahasiswa menjadi pribadi yang tidak peka, tidak disiplin dan kurang bertanggung jawab.
c.)   Agar mahasiswa disiplin dan bertanggung jawab karena mereka generasi bangsa
d.)  Agar mahasiswa dapat memperluas wawasannya

5.     Pokok-pokok bahasan yan di kembangkan Ilmu Budaya Dasar, yang bukan adalah :
a.)  Manusia dan Keadilan
b.)  Manusia dan harapan
c.)   Manusia dan kekurangan
d.)  Manusia dan Pandangan hidup



VI.          DAFTAR PUSTAKA
Widiamaulita.blog.com/2012/11/06/makalah-pendahuluan-ilmu-sosial-dasar/
abdirachmadi.blogspot.com/2012/03/pengertian-dan-tujuan-ilmu-budaya-dasar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar